By bpk Teddy saputra
https://m.facebook.com/groups/255210701192596?view=permalink&id=570937596286570
Hallo teman teman, aduh sorry ya, berhubung lebaran saya jadi lama nih update nya. Saya mencoba untuk meninggalkan kesibukan saya untuk refresh otak dan hati....
Sekarang saatnya saya kembali dan mencoba menjalankan tugas saya untuk menghasilkan entrepreneur entrepreneur baru di bumi Indonesia ini
Saya banyak mendapat pertanyaan berkaitan dengan innovasi, sebenernya ada ilmu nya loh berkaitan dengan innovasi ini, berikut saya berikan copy paste penjelasannya ya dan saya yakin bahasa nya agak sulit buat kita, tapi silahkan dibaca dulu catatan ku berikutnya akan membahas ini satu per satu dengan bahasa yang mudah dimengerti ala teddy ...
Salam dari Universitas Ciputra
1. Product Innovation
Inovasi produk ini merupakan introduksi pasar akan produk dan layanan dengan fitur maupun performa yang baru dan signifikan. Contohnya, Toyota mengeluarkan Toyota Prius sebagai kendaraan hibrida yang ramah lingkungan. Contoh lain, Boeing yang mengeluarkan Boeing Sharp Wings.
2. Platform Innovation
Inovasi ini merujuk pada desain dan pengembangan basis umum seperti komponen modular, proses-proses umum, dan teknologi untuk menciptakan range yang luas dari produk-produk mapun layanan baru. Google, misalnya, mengeluarkan Android sebagai peranti lunak untuk perangkat mobila yang meliputi sistem operasi, middleware, dan aplikasi-aplikasi utama. Contoh lain, Kraft Foods berinvestasi pada Quality and Innovative Growth Platform untuk meluncurkan lebih dari 80 produk baru.
3. Solution Innovation
Inovasi ini mengacu pada kombinasi yang integral dan terkustomisasi antara produk, layanan, dan informasi untuk memecahkan masalah end-to-end customer. IBM, misalna, melakukan integrasi antara perangkat kerasnya, layanan konsultasi, dan layanan keuangan. Contoh lain, layanan logistik UPS yang mengintegrasikan pergudangan, transportasi, manajemen jaringan, dan pengapalan dalam satu solusi pelanggan.
4. Customer Need Innovation
Inovasi dalam hal ini adalah inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang selama ini belum dipenuhi atau menjadi solusi bagi segmen pelanggan yang belum dilayani. Tata Nano, misalnya, memberikan alat transportasi yang aman dan terjangkau oleh keluarga, khususnya keluarga-keluarga yang selama ini sulit menjangkau mobil-mobil mahal.
5. Customer Experience Innovation
Inovasi di sini mengacu pada proses mendesain kembali interaksi antara pelanggan dan perusahaan dalam rangka untuk menciptakan loyalitas pelanggan berbasis respons emosional yang positif dari mereka. Contohnya, Starbucks dalam membangun gerai, melayani, serta menyuguhkan produk untuk pelanggannya.
6. Communication Innovation
Inovasi di sini tak lain adalah penciptaan dan implementasi cara-cara baru untuk mengedukasi pelanggan dan untuk memosisikan serta mempromosikan merek, produk, maupun layanan. Coca-Cola membangunnya dengan “Fans First” yang mengelola pelanggan melalui kanal-kanal media sosial.
diambil dari http://the-marketeers.com/archives/12-dimensi-radar-inovasi-ala-kellog.html
7. Process Innovation
Inovasi ini merujuk pada desain dan implementasi proses bisnis internal yang dikembangkan secara signifikan di beragam wilayah fungsional. Contohnya, Toyota dan Cisco. Cisco membangun proses virtual untuk pembukuan laporan keuangan.
8. Value Capture Innovation
Inovasi ini mengacu pada penciptaan dan implementasi dari mekanisme-mekanisme baru untuk mendapatkan harga dari produk maupun layanan. Layanan berbayar Spicefood Google, misalnya, telah mengubah cara orang untuk urusan bayar membayar melalui mesin pencari dan interaksi online lainnya.
9. Management Innovation
Hal ini mengacu pada penemuan dan implementasi sebuah perubahan signifikan dalam struktur organisasi maupun metode-metode manajemen. Kaplan, misalnya, mengimplementasikan sistem berbayar berdasarkan aktivitas.
10. Supply Chain Innovation
Inovasi ini mengacu pada metode-metode baru yang berkaitan dengan hubungan dengan para supplier. Contohnya, Cisco mengembangkan e-hub untuk mengkoordinasi antara supplier, mitra bisnis, maupun pelanggan.
11. Channel
Inovasi ini mengacu pada pengenalan rute-rute baru menuju marketplace maupun titik-titik inovatif di mana pelanggan bisa menemukan dan membeli produk maupun layanan. Dell, misalnya, mengeksplorasi kanal-kanal direct sales-nya.
12. Partnership Innovation
Inovasi ini berupa penciptaan kemitraan inovatif dan hubungan kolaboratif untuk menciptakan penawaran bersama dan layanan pelanggan.
- See more at: http://the-marketeers.com/archives/12-dimensi-radar-inovasi-ala-kellog.html#sthash.bqiL72yX.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar